FIELDTRIP SYAFANA islamic school – icon bsd & CHARACTER BUILDING

Syafana Islamic School adalah sekolah yang sangat concern akan pembentukan karakter anak. Ini terlihat dari program-program yang ada di syafana. Salah satunya “FIELDTRIP” yang diadakan 2x dalam setahun. Siswa/i Syafana sudah diarahkan sejak dini untuk menjadi pribadi kuat dan tangguh baik secara fisik maupun mental untuk siap mengemban amanah menjadi pemimpin muslim masa depan.

Fieldtrip trip merupakan program yang selalu ditunggu anak-anak. Mengapa?? Jawabannya sudah pasti karena “SERU” nya, sehingga kenangan akan serunya fieldtrip menjadi satu hal yang sulit terlupakan.

Pada hari ini (17/9) Syafana Islamic School The Icon BSD mengadakan Fieldtrip ke Lubana Sengkol.

Tujuan utama field trip ialah untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih ‘nyata’ kepada anak-anak.
Ketika mereka melihat objek secara langsung, akan lebih menyentuh sisi emosionalnya.

Nah, apa saja manfaat fieldtrip dalam character building??

📌Mampu beradaptasi
Membiasakan anak keluar dari zona nyaman rumah akan memudahkan ia beradaptasi dalam segala kondisi. Kelak, anak sudah terbiasa beradaptasi dengan mudah terhadap lingkungan baru.

📌Memiliki pandangan yang terbuka
Begitu banyak hal berbeda di dunia ini, tidak untuk diperdebatkan, tetapi untuk diterima dan dihormati. Kelak ia akan mampu bertoleransi dengan orang lain

📌Membuka kesempatan melihat dengan ‘cara pandang’ yang berbeda
Saat mereka field trip ke suatu desa, misalnya, mereka akan melihat bahwa sebenarnya mereka dapat melakukan segala sesuatu sendiri tanpa bantuan orang lain karena banyak anak-anak seumurannya yang mampu melakukan banyak hal seorang diri. Sehingga, cara pandangnya bisa saja berubah. Disinilah pemahaman yang lebih baik terhadap anak-anak akan terbangun.

📌Melatih kemandirian
Salah satu cara melatih kemandirian anak yaitu dengan memberikan anak kesempatan dan tanggung jawab untuk melakukan hal secara sendiri. Dimulai dari hal kecil seperti membawa tas, memakai sepatu sendiri,dll

📌Meningkatkan minat belajar
Di Syafana anak distimulus untuk menggunakan “5W1H”. Dengan fieldtrip mampu membangkitkan rasa penasaran anak akan sesuatu objek yang baru dilihat

📌Meningkatkan kemampuan bersosialisasi
Pada saat fieldtrip anak akan bertemu orang baru, sehingga akan
meningkatkan kepercayaan diri anak. Dengan begitu, anak akan terbiasa berkomunikasi dengan orang lain.

🗝MasyaAllah…Begitu besar manfaat yang didapat anak-anak kita ..semoga apa yang kita usahakan ‘berbuah manis’ dalam pembentukan karakter anak dimasa-masa yang akan datang..

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.