Visitasi Daring Re-akreditasi SMP Syafana Islamic School – Tahun 2021

Setiap institusi utamanya pendidikan dan sekolah khususnya perlu membakukan peningkatan kualitas dan mutu pendidikannya melalui sebuah proses yang dinamakan akreditasi.

Akreditasi Pendidikan adalah evaluasi serta penilaian kualitas sebuah institusi yang dilakukan asesor sebagai tim ahli dari Badan Akreditasi Provinsi untuk sekolah/madrasah dengan melihat pada standar mutu yang telah ditetapkan.

Alhamdulillah, Lower Secondary Syafana Islamic School telah melalui kesempatan tersebut pada tahun 2015. Pada tahun 2021 kembali melakukan re-akreditasi melalui proses visitasi daring yang dilaksanakan melalui virtual meeting. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana butir-butir penilaian terdiri dari delapan Standar Mutu Pendidikan yang dilihat para asesor. Saat ini, ke delapan standar tersebut dipadatkan menjadi Empat Standar Mutu Pendidikan.

Visitasi yang dilakukan secara daring ini dilakukan selama dua hari dari tanggal 15 dan 16 September 2021. Sebelumnya sekolah diminta untuk mengunggah dokumen-dokumen kinerja pada webpage yang sudah disiapkan.

Prosesnya pun dilakukan melalui tiga tahap yaitu telaah dokumen, observasi dan wawancara. Selain unsur pimpinan sekolah dan guru, dalam proses reakreditasi ini kami iuga menghadirkan perwakilan orang tua dan Komite Sekolah yang dalam hal ini diwakili oleh Ibu Indri Puspita (Bunda Reno dan Arka), serta tiga orang siswa yang mewakili siswa G7, G8 dan G9, yaitu Dylan Muadz Falah (G7), Nadia Camilla Darmawan (G8) dan Luna Kayla (G9). Pertemuan team asesor dengan siswa dan orang tua ini dapat dikatakan sangat mewakili dengan keberadaan perwakilan dari orangtua dan siswa, karena sedikit banyak menguatkan apa yang telah kami paparkan kepada tim asesor pada hari itu.

Dengan persiapan yang singkat, standart mutu yang padat dan jadwal yang cukup ketat, para guru dan manajemen saling bahu membahu untuk menuntaskan misi ini menjadi sebuah momentum kolaborasi team Lower Secondary. Alhamdulillah berkat kekuatan Bersama Kita Bisa! Kami dapat menuntaskan proses ini dengan lancar tanpa kendala yang berarti.

Biznillah, doa telah dipanjatkan, usaha telah dilakukan, hasil yang diharapkan semoga Allah senantiasa meridhoi Nya.

 

Manajemen dan Tim Guru

Lower Secondary – Syafana Islamic School

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.