Kick Off Virtual Vaksin Anak usia 6-11 th oleh Menteri Kesehatan Bapak Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur DKI Bapak Anies Baswedan di Syafana Islamic School – Gading Serpong Tangerang

Menteri Kesehatan telah mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia (KMK) Nomor HK.01.07./MENKES/6688/2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) Bagi Anak Usia 6 (Enam) Sampai Dengan 11 (Sebelas) Tahun, yang ditandatangani oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin pada 13 Desember 2021. Berdasarkan keputusan Kementerian Kesehatan tersebut, maka pada hari Selasa tanggal 14 Desember 2021, anak dengan usia 6-11 tahun sudah bisa mendapatkan vaksin covid-19. Kegiatan vaksin ini secara resmi mulai dilaksanakan secara serentak dilakukan di 3 propinsi di Indonesia, yaitu DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

Vaksinasi anak usia 6-11 tahun ini rencananya akan dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, vaksinasi akan dilaksanakan di provinsi dan kabupaten/kota dengan kriteria cakupan vaksinasi dosis 1 di atas 70% dan cakupan vaksinasi lansia di atas 60%.(sumber : https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20211214/1838977/pemerintah-gelar-kick-off-vaksinasi-covid-19-anak-usia-6-11-tahun-serentak-di-3-provinsi/).

Kemeterian Kesehatan mencatat ada 26,7 juta anak usia 6-11 tahun yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19. Pemerintah menyiapkan sekitar 58 juta dosis vaksin untuk penyuntikan dosis lengkap dengan menargetkan ketercapaian jumlah orang yang menerima vaksin ini tidak hanya mencapai 70% herd immunity melainkan 70% herd population. Sehingga dapat diharapkan nantinya siswa kembali bersekolah dengan kondisi yang sehat tanpa rasa khawatir. (sumber: https://nasional.kompas.com/read/2021/12/14/11064841/vaksinasi-anak-usia-6-11-tahun-wamenkes-58-juta-dosis-vaksin-disiapkan).

Alhamdulilah pada hari yang sama, Syafana Islamic School Primary Gading Serpong telah terpilih sebagai salah satu sentra vaksin pertama yang diresmikan oleh Bapak Menteri Kesehatan Bapak Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur DKI Bapak Anies Baswedan untuk memulai rangkaian kegiatan vaksinasi anak pada usia tersebut.

Dengan ikut sertanya Syafana Islamic School dalam mengikuti pelaksanaan kick off dan juga peran sertanya sebagai sentra vaksin, telah mendapat respon yang sangat positif dari berbagai pihak, yaitu keluarga besar Primary Syafana Islamic School baik siswa, orang tua murid, guru, manajemen dan Yayasan Syafana. Sebanyak kurang lebih 600 siswa Primary Syafana hari pertama ini telah menerima vaksin covid-19 jenis Sinovac yang diberikan dengan interval waktu selama 28 hari (4 minggu) sama halnya dengan interval dewasa dan lansia untuk selanjutnya menerima vaksin ke dua.

 

Mengapa SINOVAC?

Berdasarkan rekomendasi ITAGI dan hasil EUA dari BPOM, jenis vaksin yang akan digunakan adalah Vaksin Sinovac. Dikarenakan setelah penggunaan Vaksin Sinovac ini telah diteliti memiliki KIPI yang kecil, sehingga dapat diberikan dengan aman untuk anak-anak. KIPI adalah Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi. Walaupun ada beberapa negara yang menggunakan vaksinasi dengan platform lain. Indonesia saat ini lebih memilih SINOVAC yang telah melalui proses uji klinis dan seyogyanya aman bagi anak-anak khususnya pada umur 6-11 tahun.

Yang menjadi catatan bagi kami selaku tim persiapan dan penyelenggara kegiatan vaksinasi anak ini adalah dukungan yang luar biasa dari berbagai pihak dan instansi terkait demi terlaksananya kegiatan dengan lancar dan sukses.

Ustadz Marjak, M.Pd selaku Principal Primary Syafana Islamic School Gading Serpong dalam kesempatan yang sama menyampaikan apresiasi secara langsung bahwa terselenggaranya kegiatan ini berkat kerjasama dan dukungan besar dari banyak pihak yaitu Parent Teacher Association (PTA) Primary dan instansi terkait seperti Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Dinas Kesehatan, KOMINFO dan juga Klinik dr. Ranny – Serpong Tangsel yang berperan dalam menghadirkan tim vaksinator dan screening. Juga tak luput apresiasi Principal Primary ini kepada UPT Puskesmas Bojong Nangka Tangerang sebagai tim vaksinator dan screening. Dengan adanya dukungan penuh ini memungkinkan untuk alur dari antrian siswa dan orangtua dalam menunggu menjadi tidak terlalu lama. Sesi vaksin pada hari itu diselenggarakan dibagi menjadi 4 sesi yaitu dari pukul 08.00 – 9.30 dengan interval waktu 1,5 jam per sesinya sehingga crowd peserta dapat dihindari. Ses iterkahir ditutup pada pukul 16.00 setelah memastikan tidak ada lagi peserta yang datang.

Banyak orang tua menyambut positif kegiatan kick off vaksinasi anak ini, walaupun dengan informasi yang sangat cepat dan singkat namun berkat kerja tim yang menyeluruh sehingga mulai dari proses pendaftaran sampai anak divaksin dan diobservasi dapat dikatakan berjalan dengan baik.

Beberapa orang tua saat kami tanyakan pun menyatakan dukungan penuh dikarenakan dengan vaksinasi Covid-19 ini menambah keyakinan dan kepercayaan diri dalam mengantarkan anak kembali ke sekolah untuk belajar dan bertemu dengan guru dan teman-temannya tanpa rasa khawatir lagi. Harapan penuh untuk sekolah dibuka secara offline dengan komposisi kelas 100% akan segera terwujud.

Terima kasih kami ucapkan atas support yang diberikan kepada kami dalam mempersiapkan dan melaksanakan kegiatan vaksinasi ini terutama dari Dinas Pendidikan Kabupaten Tangerang, Dinas Kesehatan, Kominfo & PTA Primary Syafana Islamic School. Kunjungan dari pejabat publik untuk memantau secara langsung proses pelaksanaanya seperti dari KADISDIK Kabupaten Tangerang, KADISKES Kabupaten Tangerang dan Kepala Kecamatan Kelapa Dua.

Ikhtiar dan doa yang dilakukan oleh semua CIVITAS dan Keluarga Bbesar Syafana Islamic School semoga Allah senantiasa meridhoinya. Aamiin,

-Syafana Islamic School Management-

 

Referensi:

https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20211214/1838977/pemerintah-gelar-kick-off-vaksinasi-covid-19-anak-usia-6-11-tahun-serentak-di-3-provinsi/

https://nasional.kompas.com/read/2021/12/14/11064841/vaksinasi-anak-usia-6-11-tahun-wamenkes-58-juta-dosis-vaksin-disiapkan

https://www.borneonews.co.id/berita/247851-kick-off-vaksinasi-usia-6-11-tahun-dilakukan-serentak-di-3-provinsi-ini

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.