Hari Literasi Nasional, Syafana Islamic School Galang Donasi Buku.

SYAFANA NEWS – Hari Literasi Nasional, setiap 8 September, diperingati dengan pekan literasi di sekolah Syafana Islamic School.

Mengusung tema “Membudayakan Literasi, Mewujudkan Karya”, pekan literasi di Syafana Lower Secondary diwarnai donasi buku.

Para siswa dari semua kelas, terdiri dari Kelas 7, 8, dan 9, sekira 411 siswa membawa buku bacaan miliknya, untuk ditempatkan di area reading corner di sekolah, sebagai sharing bacaan siswa.

Menurut Principal Lower Secondary, Ustadz Mantazakka, melalui pekan literasi ini diharapkan dapat mendorong literasi siswa.

“Jadi tema hari ini membudayakan literasi, mewujudkan karya. Jadi kita membuat gerakan kepada siswa, untuk menggiatkan literasi,” katanya, Senin (9/9/2024).

Berbagai kegiatan itu, meliputi donasi buku bacaan, seminar motivasi, memamerkan karya tulis siswa di sekolah.

“Berbagai kegiatan itu, mulai dari donasi buku, seminar motivasi untuk berkarya, tapi yang paling penting anak-anak membuat karya baca tulis puisi, membuat cerita pendek, membuat vlog, mading,” jelasnya.

Yang menarik, para siswa Syafana Lower Secondary juga mengkampanyekan literasi ini ke siswa Syafana Primary di Paradiso.

“Ya, jadi kita kirim juga tim ke Primary untuk mendongeng, story telling dan games. Jadi kita kampanye ke Primary dengan memamerkan karya siswa,” sambungnya.

Setibanya di Syafana Primary, para siswa Lower masuk ke dalam kelas-kelas.

Terlihat, mereka dengan fasih membacakan dongeng kepada siswa dan mendapat sambutan hangat. Mereka juga terlihat sangat antusias mengikuti cerita di dalam kelas.

Seperti dikatakan Guru Kelas P6G, Ustadz Abdul Hamdi. Dikatakan, kegiatan literasi ini sangat baik meningkatkan literasi siswa.

“Para siswa masuk ke kelas dan membacakan cerpen, membuat game. Tadi siswa sangat antusias mendengarkan,” timpalnya.

Dia berharap, melalui kegiatan literasi ini dapat meningkatkan literasi anak. Terutama, dalam merangsang kreativitas siswa dalam membuat karya-karya literasi kedepan.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *