Syafana Islamic School Gelar Sosialisasi ANBK

SYAFANA NEWS – Syafana Islamic School, menggelar sosialisasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) yang akan dilaksanakan, pada 4-5 November 2024.

Sayyidah Elis Damaiyanti mengatakan, asesmen nasional ini untuk persiapan rapor sekolah.

“Ada tiga komponen penting pendidikan, kurikulum, assesmen dan pembelajaran. Lalu untuk apa assesmen nasional? Bukan untuk melakukan pemeringkatan siswa, tapi untuk meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan di Syafana,” katanya, Jumat (27/9/2024).

Dikatakan, hasil asesmen nasional ini untuk rapor sekolah, serta evaluasi belajar kedepan.

“Karena nanti akan ada yang namanya rapor sekolah. Rapor pendidikan kita di 2024, untuk kemampuan literasi dan numerasi berapa persen, jadi ada nilainya,” terangnya.

Dilanjutkan dia, ada tiga instrumen dalam Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), yakni literasi membaca dan numerani matematika, survey karakter dan survey lingkungan belajar.

“Ada tiga instrumen assesmen AKM, yakni literasi membaca dan numerasi untuk pemecahan masalah sehari-hari. Kemudian survey karakter dan survey lingkungan belajar. Jadi tiga instrumen ini untuk assesmen ANBK. Survey karakter ini untuk murid,” sambungnya.

Maka itu, dia berharap para orangtua yang anak-anaknya terpilih ANBK untuk menyiapkan diri.

“Peserta asesmen nasional ini terdiri dari guru, kepala sekolah dan murid. Untuk siswa dipilih secara random. Jumlah responden murid 35 untuk SD, SMP dan SMA 45 orang,” pungkasnya.

Untuk diketahui, ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud. Program evaluasi ini dimaksudkan untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *