Seo Hyerim Artha, G11 Social, pemenang lomba Digital Poster – Chemistry Education Fair 2021 UIN Jakarta

Alhamdulillah

Selamat kepada siswa Syafana Islamic School Upper Secondary, Seo Hyerim Artha, G11 Social, pemenang lomba Digital Poster yang dilaksanakan oleh Chemistry Education Fair 2021 UIN Jakarta dengan tema “Mewujudkan Generasi Muda yang Bertakwa, Kreatif, serta berjiwa Sains di Era Digitalisasi Media”. Pada lomba tersebut, Seo mengambil subtema “Perkembangan Kesenian di Era Digital” sebagai tema digital Posternya.

Semoga segala proses dan hasil yang membanggakan ini menjadi bukti dan motivasi bagi kita semua bahwa pandemi tidak mematahkan semangat berkarya siswa dan siswi Syafana Islamic School Upper Secondary.

Jadikan kesuksesan kali ini sebagai batu loncatan yang baik untuk menemui kemenangan mu di kesempatan berikutnya.

SILATURAHMI PENGURUS PTA PERIODE 2021-2022 DENGAN MANAGEMENT SYAFANA ISLAMIC SCHOOL

Alhamdulillah acara silaturahmi dan Ramah tamah Pengurus PTA periode 2021-2022 dengan management Syafana Islamic School telah dilaksanakan pada hari Rabu, 15 September 2021. Bertempat di Syafana Islamic School-Boarding yang berlokasi di Kp. Pugur Greenwich BSD City. Acara ini terasa spesial karena merupakan acara pertama yang digelar di Syafana Islamic School-Boarding yang dikenal bergaya etnik dan modern.

Hadir pada kesempatan ini, Chair Person Syafana Islamic School, Ibu Hj. Ummu Latifah dan Managing Director Syafana Islamic School, Ust H. Nanang Firdaus Masduki, Lc yang sekaligus memberikan sambutan selamat datang kepada seluruh pengurus PTA periode 2021-2022.

Beliau juga memberikan selamat atas terbentuknya PTA periode 2021-2022 dan mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh PTA dan CP yang telah berperan aktif memberikan dukungan kepada pihak sekolah dalam mensukseskan berbagai macam kegiatan.

Lebih lanjut, beliau mengharapkan agar terjalin komunikasi yang erat antara PTA dan sekolah. Selain itu beliau juga menginformasikan bahwa InsyaAllah akan ada pembangunan untuk Syafana Islamic School The Icon BSD yang bertempat di lokasi strategis BSD, yaitu di kawasan digital hub BSD City dengan lahan seluas 1.100 meter yang dilengkapi fasilitas swimming pool.

Salah satu tujuan diadakannya acara ini adalah selain sebagai ajang silaturahmi yang dilaksanakan secara rutin, juga sekaligus untuk mensosialisasikan lokasi boarding yang insyaAllah dalam waktu dekat dapat segera digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Alhamdulillah sebelum acara dimulai, seluruh parents diajak melakukan “tour” lokasi boarding yang menyajikan fasilitas kelas internasional.

Acara yang dibalut dengan suasana santai dan hangat semakin meriah takkala perwakilan PTA 5 kampus dan jajarannya beserta perwakilan CP memberikan sambutan dan perkenalannya. Dimulai dari Ketua PTA secondary Ibu R. Mugiasih Endah, Ketua PTA Primary Ibu dr. Ranny Rulianty, Ketua PTA Kinder-Gading Ibu Dias Esantika Ningtias, Perwakilan PTA Kinder-Graha, Ibu Anggi rosliana dan Ketua PTA Kinder-Icon ibu Ornitha Ugahary.

Dalam kesempatan ini, seluruh PTA mengucapkan terima kasih atas undangan yang diberikan dan tak lupa memberikan harapan serta doa agar Syafana Islamic School Boarding bisa menjadi prioritas orangtua dalam memilih sekolah dan menjadi sekolah yang amanah dalam mendidik dan membentuk karakter anak untuk menjadi pemimpin muslim masa depan.

Selamat dan sukses kepada seluruh PTA dan CP Syafana Islamic School. Mari bergandengan tangan menjadikan anak-anak kita pemimpin muslim masa depan

Hybrid Learning Upper Secondary

Monday, 13th September 2021

What students want is learning at school where they can interact with their friends and teachers. They need to have fun with their friends.

Yesterday was the day they were waiting for. Syafana Islamic School’s Hybrid Learning started for Upper Secondary Students took turns coming to school. Half of them are studying at school while the other half are studying virtually at home.

55 students in total attended school yesterday with an average of 6-9 students per class. We applied Hybrid Learning with very strict health protocols, supervised by our Task Force Team (SATGAS COV-19).

The most important thing is that Students are happy to be back in school and able to socialise with their friends and teachers.

It’s great to have you back, our dear Students !

Tulisan Pertama Akmal Azkiyah (G10 Social 1) berhasil menembus portal media online

Pelajar adalah garda terdepan yang menentukan masa depan, kemajuan, dan pembangunan suatu bangsa. Para pelajar yang memiliki pengetahuan luas, inovatif, dan kreativitas yang tinggi menjadikan bangsa tersebut kuat. Kualitas pelajar yang tinggi dapat bersaing kuat, baik dalam cakupan nasional maupun international dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas bangsa di segala aspek.

Sudah sepatutnya ilmu-ilmu yang didapatkan di sekolah dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari. Ilmu agama diterapkan bagaimana hubungan kita dengan tuhan, melaksanakan perintah dan menjauhi larangannya. Ilmu pendidikan kewarganegaraan menerapkan norma dan aturan yang ada dalam berinterkasi dengan individu lain. Itu merupakan sedikit contoh dari ilmu yang kita dapatkan di sekolah untuk dapat diimplementasikan dalam kehidupan nyata dengan salah satu tujuannya yaitu menciptakan kesejaahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Seperti yang kita ketahui kualitas pendidikan di Indonesia terbilang sangat rendah. Programme for International Student Assessment (PISA), menempatkan Indonesia di peringkat ke-72 dari 77 negara. (Viva.co.id , 2019). Menurut pengamat pendidikan Budi Trikorayanto, setidaknya ada tiga masalah yang masih membelenggu pendidikan Indonesia, diantaranya kompetensi guru di Indonesia masih berada di tingkat yang sangat rendah dan sistem pendidikan yang tidak sesuai dengan era saat ini. Seharusnya di era pendidikan 4.0 guru tidak lagi menjadi narasumber utama dalam sistem pembelajaran, melainkan sebagai pendamping, penyemangat, dan fasilitator.

 

Dari penilaian tersebut dijelaskan bagaimana saat ini skill yang harus dikuasai pada abad ke 21 seperti pemikiran kritis, kemampuan menyelesaikan masalah, literasi, komunikasi, kreativitas, inisiatif, dan masih banyak yang lainnya. Namun sayangnya skill tersebut belum dimiliki oleh seluruh pelajar di Indonesia khususnya di daerah kecil, karena salah satu faktor nya yaitu kualitas pendidik di daerah kecil yang rendah dan masih menerapkan sistem pendidikan dimana pelajar hanya sebagai pendengar.

Ketimpangan pendidikan di Indonesia masih sangat tinggi. Bisa kita lihat bahwa tidak semua pelajar memiliki kesempatan yang sama, salah satunya yaitu hak untuk menerima pembekalan ilmu yang sesuai dengan era nya. Pelajar yang memiliki kualitas tinggi dominan di kota-kota besar, karena kualitas sekolah yang sangat berbeda. Kualitas pendidikan di kota besar lebih tinggi dibandingkan di kota kecil, walaupun tidak berlaku kepada seluruh sekolah dan pelajar namun hal ini dominan terjadi. Permasalahan ini menjadi peluang bagi pelajar yang memiliki kualitas dan daya saing yang tinggi untuk membagikan ilmu kepada pelajar lainnya di daerah terpencil.

 

Perlu kita ketahui bahwa wujud pendidikan yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, peran pelajar sangat penting bagi kedudukan suatu bangsa, dan perlu di ingat bahwa fungsi dari pendidikan yaitu belajar dan mengajar. Kehadiran saya dan pelajar lainnya yang memiliki kualitas lebih tinggi diharapkan bisa menjadi penerang di daerah yang kurang dalam kualitas pendidikannya.

Solusi dalam permasalahan tersebut yaitu dengan mengaplikasikan keilmuwan yang saya miliki untuk dibagikan keseluruh daerah khususnya pada daerah terpencil dengan cara berkolaborasi dengan teman-teman dari lembaga yang bergerak di bidang pendidikan untuk menciptakan kualitas dan keahlian khusus di setiap bidangnya. Seperti membuat program platform belajar skala nasional yang tujuannya untuk mengevaluasi program belajar mengajar sehingga menjadi rekomendasi untuk pemerintah dalam mengirim guru pembimbing dengan kualitas terbaik dan bantuan sarana belajar di daerah terpencil. Dengan kehadiran saya dan pelajar lainnya yang membawa program platform belajar diharapkan menjadi pelita untuk kemajuan kualitas pendidikan yang memiliki daya saing kuat dan akan memberi manfaat yang besar bagi Indonesia.

 

Tangerang, 08 September 2021

Penulis : Akmal Azkiyah
Editor : Ust Bima Rizki Prayogo, M.Pd., Gr./Guru Bahasa Indonesia Upper Secondary

 

Mobile Learning Programme – PRIMARY 1

Our 1st Mobile Learning Programme (MLP) AY. 2021-2022 started on Wednesday, 1st September 2021. The MLP aims to rebuild students’ confidence and improve their psychological disposition after more than two years studying from home. This activity also serves as preparation for hybrid-learning in the near future.
Students looked so enthusiastic and very happy because it was the first time they met, played and studied with their friends. They introduced each other, exercised, and enjoyed playing games.
Welcome back to school our little friends, we hope we will see you soon in the classroom.

 

 

SYAFANA ISLAMIC SCHOOL WAKAF 3 AMBULANS DI HARI KEMERDEKAAN RI KE 76

Gading Serpong, 17 Agustus 2021.
Dalam rangka memperinganti Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 76 tahun, sebagai wujud kepedulian terhadap sesama dan sebagai ikhtiar membantu masyarakat yang mengalami kesulitan dalam pertolongan darurat, dengan izin Allah SWT Syafana Islamic School – Gading Serpong Tangerang telah mewakafkan 3 unit Ambulans kepada DKM Masjid Agung Syafana Al Iman – Gading Serpong Tangerang. Ditengah kondisi pandemi yang melanda saat ini, kebutuhan akan pengadaan ambulans menjadi sesuatu yang sangat penting bagi masyarakat. Moda penyelamatan ini diperuntukkan bagi pasien yang membutuhkan ambulans layanan cepat untuk mengantarkan pasien sebanyak 2 unit dan 1 unit untuk mengantar jenazah.

Bagi masyarakat yang membutuhkan dapat menghubungi nomor telpon hunting 24 jam di 081-1173-7478, tim kami telah diberikan pelatihan penangangan Covid 19 dan dilengkapi dengan APD akan bergerak cepat memberikan pertolongan ke tempat yang dituju. Pengadaan ini tidak terlepas dari peran serta berupa dukungan dan doa keluarga besar Yayasan Syafana Media Insani, orang tua siswa, guru dan karyawan Syafana Islamic School untuk menjadi pelopor dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk kemanusiaan yang berlandaskan pada religiusitas. Humanity before religiosity. Mengutamakan kemanusiaan sebagai tindakan menuju ketaatan. Bagi para donatur yang ingin berinfaq untuk pemeliharaan unit ambulans tersebut dapat berpartisipasi ke Masjid Agung Syafana Al Iman melalui Bank Muamalat an. Infaq dengan no VA: 8429-0500-0000-0005.

Sebagaimana Firman Allah SWT dalam AL Qur’an yang artinya “Dan carilah apa yang telah dianugrahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagiaanmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu. Dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan”.(Q.S.Al-Qashash,28:77).

Saksikan video selengkapnya hanya di channel youtube Syafana TV:

https://youtu.be/ukedpyoj31E

Program Vaksinasi Covid-19 Syafana Islamic School

Sebagai perwujudan komitmen Syafana Islamic School dalam mempersiapkan Pertemuan Tatap Muka yang telah dicanangkan baik oleh Kemendikbud dan sedia nya seluruh Satuan Pendidikan memastikan seluruh elemen sekolah siap termasuk pada kesehatan para siswa/siswi nya. Hari Minggu, 18 Juli 2021 mengadakan program vaksinasi bagi siswa/i Syafana.

Alhamdulillah.. program vaksinasi covid anak usia 12-17 tahun tahap I diperuntukan bagi siswa Secondary, Syafana Islamic School yang diselenggarakan pada tanggal 18 Juli 2021 telah sukses dilaksanakan.

Program ini dapat dikatakan sukses dikarenakan terlihatnya antusias siswa dan juga orang tua dalam mengikuti program vaksin ini. Data yang kami peroleh ada 251 siswa hadir dari 279 yang terdaftar dengan vaksin Sinovac.

Pada hari ini juga terdapat sekitar 5 siswa yang berdasarkan umur belum mencukupi untuk vaksin. Ada pula para alumni yang hadir baik dari kelas 9 maupun kelas 12.

Kami selaku penyelenggara Program Vaksinasi Secondary Syafana Islamic School mengucapkan terimakasih atas
partisipasi, dukungan dan kerjasama dengan berbagai pihak di antaranya Klinik dokter Ranny, Dinkes Kab. Tangerang, Management dan seluruh staff Syafana Islamic School, Orang Tua siswa Secondary dan tak lupa anak-anak kami tercinta.

Harapan kami tentunya, semoga siswa/i Syafana menjadi lebih terlindungi terhadap serangan virus Covid 19 dan sehat, terutama untuk dapat lebih maksimal mengikuti kegiatan pertemuan tatap muka (Hybrid Learning Programme) yang akan diselenggarakan. Aamiin…

Sampai jumpa pada acara vaksin tahap ke-2 berikutnya pada tanggal 15 Agustus mendatang,

Salam sehat dan bahagia selalu.

Managing Director Syafana: “Bantuan ke Palestina Sebagai Bentuk Solidaritas Persaudaraan dan Kemanusiaan”

Alhamdulillah  pada hari Jumat, 2 Juli 2021, Syafana PEDULI telah menyalurkan  donasi ambulans untuk Palestina sebesar Rp 500.000.000 melalui pihak Aksi Cepat Tanggap (ACT). Dana ini diperoleh dari orangtua murid, guru, staf dan tenaga kependidikan Syafana Islamic School.

Managing Director Syafana Islamic School, Ustadz H. Nanang Firdaus Masduki, menyampaikan bahwa Syafana sudah beberapa kali aktif dalam penggalangan donasi ke Palestina. Jika dihitung sejak awal, total dana yang terkumpul sudah mencapai Rp 2,5 milyar.

Penggalangan donasi untuk Palestina ini dilandasi oleh tiga hal, yaitu: ukhuwah islamiyah yaitu persaudaraan sesama muslim, ukhuwah wathoniah persaudaraan sebangsa walaupun tidak seagama/satu suku dan ukhuwah insaniyah yaitu persaudaraan sesama manusia.

Bantuan untuk Palestina sudah menjadi suatu keniscayaan. Sebab Palestina saat ini sedang dijajah, ditindas dan hak-hak mereka dirampas. Tentu saja yang menjadi korban mulai dari rakyat, pejabat sampai ulama panutan ummat.

Kondisi memprihatinkan disana juga tidak hanya dirasakan oleh kaum muslimin, namun juga oleh masyarakat non-muslim. Sebagai muslim kita sudah diajarkan untuk mengulurkan tangan kepada sesama manusia yang butuh pertolongan tanpa memandang agamanya. Secara kemanusiaan semua masyarakat yang ada di Palestina juga sudah sepantasnya mendapatkan perhatian dan bantuan.

Ustadz H. Nanang Firdaus Masduki juga menyampaikan bahwa penggalangan dana kemanusiaan yang telah dilakukan oleh Syafana tidak hanya terbatas pada masyarakat Palestina. Selama ini Syafana telah berperan aktif dalam menggalang dan menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi yang membutuhkan di dalam negeri, seperti: Bantuan peralatan medis ke dinas kesehatan dan rumah sakit di Tangerang Raya, bantuan kemanusiaan bagi masyarakat yang terdampak bencana alam di Tangerang, Lombok, Mamuju, dan lain sebagainya

HOME-BASED LEARNING REVIEW SYAFANA ISLAMIC SCHOOL

Oleh: Sydh Elza Oktora, S.Sos – Vice Principal of Academic Lower Secondary

“Disrupsi selalu adalah bersifat inovatif. Disrupsi jangan dianggap sebagai suatu ancaman, tetapi zona inovasi yang selalu memudahkan,” Pernyataan ini dikemukakan oleh Prof. Rhenald Kasali, salah satu Guru Besar Ilmu Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Beliau pun mengatakan bahwa dalam dunia pendidikan adalah kunci untuk menjadikan era disrupsi sebagai peluang memajukan Indonesia.

Disrupsi adalah sebuah era adanya inovasi dan perubahan yang sangat besar dan secara fundamental mengubah semua sistem, tatanan, dan landscape yang ada ke cara-cara baru. Akibatnya institusi atau lembaga yang masih menggunakan cara dan sistem lama akan kalah bersaing. Hal ini juga sejalan dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang mengartikan disrupsi sebagai sebuah hal yang tercabut dari akarnya.

Tantangan dunia pendidikan tidak berhenti sampai terjadi atau berakhirnya pandemic, akan tetapi terus berlangsung secara simultan dan yang pada kenyataannya, pendidikan itu sendiri harus berhadapan pada inovasi dan kreativitas. Pendidikan, seperti pernyataan Nelson Mandela, adalah senjata paling ampuh untuk mengubah dunia,”

Bersamaan dengan fenomena tersebut, Syafana Islamic School tetap berkomitmen untuk tidak pernah berhenti berinovasi dan berpikir kreatif memulai dan menerapkan program Home-based Learning sejak pandemi mulai merebak bulan Maret tahun lalu. Para siswa dan guru telah ‘dipaksa’ untuk beradaptasi oleh situasi dan keadaan untuk belajar mengajar secara berjauhan dan siswa belajar dari rumah untuk menghentikan penyebaran dan penularan virus. Tentunya, dalam menunjang pembelajaran ini dukungan teknologi dan infrastruktur memegang peranan penting dalam memastikan proses ini terjadi dalam keseharian, terutama dalam meningkatkan perkembangan kognitif, emosi dan psikomotor siswa dan juga memberikan penanaman nilai-nilai moral dalam belajar. Hal itu menjadi tantangan besar bagi sekolah untuk tetap menjaga keseimbangan baik dalam memastikan materi pelajaran yang diberikan berjalan efektif maupun mendorong siswa untuk berpartisipasi dalam kelas online.

Dengan segala upaya dan penelitian tentang bagaimana pentingnya aspek untuk menjaga guru dan siswa memiliki waktu kontak yang efisien, Syafana telah menyelidiki dan menginvestasikan sumber daya extra untuk memaksimalkan proses belajar mengajar memenuhi kebutuhan akademik siswa yang ditujukan melebihi standard yang ada.

Banyak fakta di lapangan, beberapa institusi atau lembaga pendidikan harus mengalami kondisi yang menyulitkan ditambah dengan tantangan dalam menyediakan infrastruktur dan teknologi pada saat bersamaan untuk memastikan pembelajaran berjalan secara efektif dan efisien. Namun tidak bagi Syafana Islamic School, dengan komitmen untuk menciptakan pemimpin muslim yang dinamis di masa yang akan datang, sekolah harus dapat memantau perkembangan akademik serta nonakademik anak didik mulai dari kelas Toddlers (usia pra-sekolah) hingga Sekolah Menengah Atas. Tentunya investasi besar yang telah dikeluarkan ini menjadi sangat berharga.

Karena investasi infratruktur dan teknologi merupakan unsur yang esensial, terutama saat pembelajaran jarak jauh ini, membuat beberapa sekolah mencoba menghadapinya dengan memanfaatkan keterbatasan sumber daya mereka, selebihnya mereka secara ‘terpaksa’ membiarkan siswa belajar dengan metode kontak bertemu muka secara online yang minim antara siswa dan guru, asalkan proses belajar mengajar bisa dilakukan sehari-hari.

Syafana berusaha menjawab tantangan ini untuk menyediakan pelayanan maksimal kepada siswa-siswi dimana hak mereka dalam memperoleh pembelajaran diberikan penuh dengan waktu kontak yang memadai antara guru dan siswa, memberikan pelajaran tambahan untuk memantapkan pemahaman siswa, memberikan waktu konseling bagi siswa dan orang tua untuk memberikan beberapa tips dalam menghadapi beberapa kendala belajar, menyelenggarakan even sekolah, dimana para siswa juga terlibat dengan semangat berorganisasi dapat berpartisipasi dan mempersiapkannya, dan fasilitas lain yang diberikan bagi siswa seperti ekstrakurikuler untuk menyalurkan minat, bakat dan hobi. Terlebih ini semua hanya dapat didukung dengan menyediakan Zoom Premium dengan PC dan Kamera setiap kelas untuk memfasilitasi semua proses dan juga dengan adanya penambahan bandwidth jaringan internet, sehingga proses pembelajaran online ini tentunya dapat terakomodasi dengan baik. Tentu saja fasilitas tersebut menjadi prioritas sekaligus kebanggaan atas komitment kami, bagaimana kami memikirkan dan berusaha memfasilitasi proses pembelajaran tersebut bagi seluruh siswa kami.

Satu lagi inovasi terbaru kami adalah Mobile Learning Programme, yang ditujukan untuk menjadi penyimbang belajar online dengan temu muka yang bersifat outdoor activity , tentunya tetap mematuhi PROKES, dan harapannya akan menjadi salah satu solusi bagaimana pembelajaran hybrid- tatap muka-online menjadi lebih dinamis dan tidak monoton.

Namun demikian, sejatinya, investasi tanpa perbaikan dan review tidak akan cukup untuk memastikan sekolah selalu menempatkan semangat berinovasi dan kreatif mencari solusi untuk mempersiapkan anak-anak didik kami dalam menghadapi tantangan dan perubahan seluruh elemen secara cepat. Tentunya, kami akan tetap mengedepankan quality in service dalam memberikan pendidikan terbaik bagi anak didik Syafana, terlebih lagi dengan memastikan mereka tetap menjunjung tinggi nilai moral yang telah ditanamkan sehari-hari dalam proses belajar. Insya Allah, aspek pengejawantahan ini dapat meluruskan seluruh daya usaha terhadap visi dan misi kami secara holistik yaitu menciptakan Muslim dinamis dan pemimpin bagi masa depan. Aamiin…

Muhammad Akbar G-7E, who won the Gold Medal at the ‘World Robotic Games’ competition held in the Philippines

Alhamdulillah, congratulations to Muhammad Akbar G-7E, who won the Gold Medal at the ‘World Robotic Games’ competition held in the Philippines. The competition had 612 participants from 6 countries: Indonesia, Singapore, Malaysia, Philippines, Thailand & Taiwan. The protype that he created was a “Smart Wheel Controlled by Sound for Disabled People”. Please see the link for more details:

As the Gold Medal Winner he got honour to do a Speech on public live today 4PM on the world robot games facebook page :

https://www.facebook.com/worldrobotgames

Hopefully, this will be one of many of Akbar’s examples of a young Muslim innovator competing internationally. Keep up the good work and practicing Akbar.

We are very proud of you!🥇